IMG-LOGO
Info : SMK Negeri 2 Padang Launching Website Terbaru SMK Negeri 2 Padang UNBK Sejak Tahun 2015 SMK Negeri 2 Padang Siap Memberikan Informasi Publik yang Cepat dan Akurat

Pesantren Ramadhan SMKN 2 Padang Lahirkan Penghafal Alquran

Berita - 19 May 2021 429
IMG

    Pesantren Ramadhan tahun 1442 Hijriah dilaksanakan di SMK Negeri 2 Padang sebagai bentuk program rutin Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan tingkat SD,SMP dan SLTA baik SMA dan SMK. Pelaksanaan kegiatan ini dimulai pada Kamis, 15/04/2021 dan berakhir pada Kamis, 6/5/2021. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala SMK Negeri 2 Padang yaitu Drs. Rusmadi, M.Pd. Proses pembelajaran pada pesantren Ramadhan dilaksanakan dengan pengembangan karakter Religius sebagai bentuk salah satu pengembangan karakter bangsa yaitu program PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). Kebijakan PPK ini terintegrasi dalam Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) yaitu perubahan cara berpikir, bersikap, dan bertindak menjadi lebih baik. Nilai-nilai utama PPK adalah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, integritas. Pada pesantren Ramadhan tahun ini bukan hanya karakter religius saja yang disasar untuk dicapai akan tetapi seluruh karakter nilai-nilai utama PPK yang telah diselaraskan dengan juknis pelaksanaan pesantren Ramadhan.
    “Tahun ini karena pandemi gelombang kedua meningkat maka teknis pelaksanaan pesantren Ramadhan dilaksanakan dengan bentuk dua grup dan sesi online bagi siswa yang kembali dari PKL” tutur Wakil Kesiswaan SMK Negeri 2 Padang, Zakri Zaini, S.Pd., “Sehingga ada dua bentuk pelaksanaan pada kegiatan pesantren Ramadhan tersebut tambahnya ketika diwawancarai di Aula SMKN 2 Padang.        
Di tempat yang berbeda Ketua Panitia Pesantren Ramadhan Ustadz Alex Kegiatan ini telah menghasilkan penghafal-penghafal Al-Quran baru pada grup tatap muka yang dipecah menjadi dua grup karena standar protokol kesehatan mengharuskan untuk membatasi jumlah peserta kegiatan. Pada sesi pertama terdapat 23 kelas kecil yang masing-masing kelas berjumlah 15-16 santri yang dibimbing oleh satu instruktur yang berasal dari guru mata pelajaran. Kegitan yang dilakukan dalam pesantren Ramadhan ini diantaranya adalah Tahfizh Al-Quran yang menargetkan beberapa surat di Juz 30 telah hafal oleh para santri tetapi di  luar dugaan beberapa santri yang dibimbing oleh para instruktur menghasilkan hafalan yang lebih, bahkan ada yang telah hafal sampai dengan 3 Juz. Melalui keseriusan para instruktur membimbing santri dan keinginan besar para santri selama tiga minggu ini di pesantren Ramadhan telah menghasilkan santri-santri penghafal Al-Quran baru di SMK Negeri 2 Padang.    
Komitmen dan tanggung jawab serta tingginya antusiasme santri-santri pada pesantren Ramadhan memberikan pengharapan yang besar oleh Ketua Panitia dan Tim Panitia Pesantren Ramadhan untuk menghidupkan kegiatan tahfizh Alquran di luar kegiatan pesantren Ramadhan di SMKN 2 Padang. Ia mengharapkan adanya Bording School yang bisa mengasah para peserta didik di SMK Negri 2 Padang untuk bisa menjadi Hafizh dan Hafizah yang dapat di wisuda seperti yang telah dilakukan oleh beberapa sekolah di Sumatera Barat jelasnya pada saat menyampaikan laporan pada acara penutupan pesantren Ramadhan Kamis, 6/5/2021.
Tidak hanya itu harapan yang diujarkan oleh Ustazd Alex Chandara, S.PdI pada penutupan itu, beliau mengharapkan kebiasaan-kebiasaan baik yang sudah dipupuk selama pesantren Ramadhan ini dapat terus dijalankan oleh masing-masing santri SMKN 2 Padang.
Pada kegiatan penutupan yang dibatasi kehadiran santri agar dapat dilaksanakan protokol kesehatan dengan menjaga jarak maka kebijakan panitia hanya menghadirkan beberapa siswa yang telah diseleksi berdasarkan ketentuan panitia. Santri yang dihadirkan pada kegiatan penutupan adalah santri terbaik dari kedua grup pesantren Ramadhan yaitu atas nama santri Hanni Fridena dari kelas X AKL 5, Gita Natalia dari Kelas XI OTKP 3 untuk Pa dan Fadhil El Rahmi Syufi dari kelas X RPL dan Aditya Jumadhil Adha dari kelas X BDP 1. Beberapa lomba seperti Rangking 1, lomba Azan, Nasyid, Tilawah dan Tahfizh telah dilaksanakan dengan baik dan lancar.
 
    Terakhir, Pesantren Ramadhan ditutup secara resmi oleh Pengawas Pembina SMKN 2 Padang, Eni Yusnita Lubis, M.Pd.Kons memberikan arahan dan kata penutup pada akhir acara sebelum dibagikan hadiah dan bantuan untuk santri tidak mampu hasil dari penggalangan dana yang dilakukan oleh Bendahara kegiatan pesantren Ramadhan yaitu Dra. Erlin Nazar, M.Pd. Beliau telah memberikan partisipasi untuk menjadikan kegiatan terlaksana dengan maksimal. Beberapa bantuan diperoleh dari pihak internal dan eksternal sekolah sehingga menjadikan penyelenggaraan acara lebih terasa bermakna.

 Padang, 06/05/21,Redaksi (MY)

Tinggalkan Komentar