IMG-LOGO
Info : SMK Negeri 2 Padang Launching Website Terbaru SMK Negeri 2 Padang UNBK Sejak Tahun 2015 SMK Negeri 2 Padang Siap Memberikan Informasi Publik yang Cepat dan Akurat

Kiprah One Week One Juz di SMK Negeri 2 Padang: Memberikan Semangat Mempelajari Al Quran bagi Guru-guru

Berita - 29 Mar 2022 841
IMG

SMK Negeri 2 Padang adalah salah satu sekolah yang mendukung program religi berjalan di lingkungan sekolah. Kegiatan ini adalah kegiatan bersama yang diinisiasi oleh seorang guru Senior yang peduli dengan perkembangan ilmu baca Al Quran bagi guru-guru yang berniat mempelajari Al Quran lebih dalam. Sosok Guru Senior Drs. Syafri Maaruf, M.Si adalah salah seorang yang menjadi inisiator gerakan ini dilaksanakan di SMKN 2 Padang.

OWOJ (One Week One Juz) adalah suatu gerakan mengajak membiasakan membaca (tilawah) memahami (tadabbur) Al-Qur’an bersama di media sosial. Kegiatan ini digagas oleh Bapak Drs. Syafri Maaruf bersama pengawas Pembina sekolah ibu Eni Yusnita Lubis, M.Pd. Kons juga dengan sekelompok guru yang tergabung dalam komunitas cinta Al-Qur’an yang benar-benar ingin berniat menambah ilmu dengan mempelajari Al Quran secara bersama. Agar Al-Qur’an yang dibaca setiap hari dan dipahami, penggagas membentuk grup OWOJ ini dan sebagai media komunikasi Grup maka dibuat Whatapps Grup yang mewadahi komunikasi penggagas dengan anggota konitas baca Al Quran ini.

OWOJ mulai aktif dan dibentuk  sejak awal tahun 2021, Alhamdulillah awal memulai kegiatan banyak perserta dari guru yang ikut dalam kegiatan ini. Karena kegiatan ini adalah kegiatan religius yang disupport oleh sekolah maka sampai dengan saat ini telah selesai selama  satu tahun kurang lebih menamatkan bacaan Al Quran tersebut berserta membaca tafsir Al Quran. Kegiatan ini sudah menghasilkan sebuah buku dengan tema           “ Mukmin yang Beriman”. Setiap peserta telah diberi tanggung jawab untuk membukukan hasil membaca Al Qurannya dengan mengambil ayat-ayat yang berkaitan dengan Mukmin yang beriman. Sehingga diperolehlah kesimpulan berdasarkan tafsir yang dibaca.

Program OWOJ mempunyai kelebihan mentadaburi Al-Qur’an melalui metode membaca Al-Qur’an dengan terjemahannya, agar kita bisa memahami yang pada gilirannya mengamalkan serta mensyiarkannya. Kelebihan lain dari OWOJ ini adalah membangun habluminallah (tilawah dan tadabbur), hablumminannas yang berprinsip pada membangun silaturrahmi serta upaya mengamalkan, juga mengingatkan untuk membaca Al Quran.

    


Kelebihan yang tidak bisa dipungkiri juga dalam OWOJ ini adalah upaya menghilangkan penyakit manusia yang sudah menjadi sunatullah yaitu lupa, terutama lupa akan perintah Allah S.W.T. Allah S.W.T menjelaskan manusia akan lupa jika tidak mempunyai keinginan yang kuat. Selain itu terdapat permisalan yang baik, bagi yang membaca Al-Qur’an karena Rosulullah pernah bersabda :”Permisalan seorang yang membaca Al-Qur’an bagaikan buah jeruk, baunya wangi dan rasanya lezat, sedangkan orang mukmin yang tidak membaca Al-Qur’an bagaikan buah kurma yang tidak ada baunya dan rasanya manis. Permisalan orang munafiq yang membaca Al-Qur’an bagaikan kemangi yang baunya wangi rasanya pahit. Sedangkan orang munafiq yang tidak membaca Al-Qur’an bagaikan labu yang tidak ada wanginya dan rasanya pahit” mengutip(HR. Bukhari Muslim). Kegiatan OWOJ ini juga disuport oleh H. Mahyeldi Ansharullah, S.P. saat kami anggota komunitas meminta dukungan untuk menjalankan kegiatan komunitas membaca Alquran ini di tingkat sekolah. Bukan hanya untuk guru-guru saja tetapi juga kepada siswa SMKN 2 Padang dalam mencapai tujuan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat  Terwujudnya Sumatera Barat Madani yang Unggul dan Berkelanjutan”. Oleh karena itu, kegiatan OWOJ ini diharapkan tetap berjalan, dan dapat dilanjutkan dengan program OWOJ kepada siswa SMKN 2 Padang agar nuansa religius dapat berkembang ke depannya.

                                                                                       Padang, 2 Januari 2022

                                                                                       Redaksi MY

Tags:

Tinggalkan Komentar