IMG-LOGO
Info : SMK Negeri 2 Padang Launching Website Terbaru SMK Negeri 2 Padang UNBK Sejak Tahun 2015 SMK Negeri 2 Padang Siap Memberikan Informasi Publik yang Cepat dan Akurat

Kerja Sama Polda Sumbar dan SMKN 2 Padang akan Terus Berlanjut: Gelaran Seleksi Anggota Polri Secara Objektif Bersih Transparan Akuntabel dan Humanis

Ujian - 08 Jul 2021 63
IMG

Padang, smk2padang.sch.id- Rekrutmen yang dilakukan oleh Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) masih berjalan sampai dengan hari ini Rabu,2/6/2021 di SMK Negeri 2 Padang. Seleksi ini dilaksanakan untuk calon Tamtama, Bintara, dan Akpol. Beberapa tahapan seleksi sudah dilalui oleh calon anggota Polri diantaranya adalah seleksi bahan administrasi, kesehatan pertama, Psikologi dan seleksi akademis yang dilaksanakan sampai dengan hari ini Rabu 2/6/2021. Disampaikan oleh Bapak Kombes Defrian D. (Kepala Biro SDM Polda Sumbar) bahwa “Seleksi akademik  bagi calon bintara, terakhir akan dilaksanakan besok, Kamis, 3/6/2021 dengan bentuk tes Bahasa Inggris. Penerimaan calon anggota Polri yang dilaksanaakan pada tahun 2021 ini berlandaskan pada azas objektif, bersih, transparan, akuntabel dan humanis. Hal ini dapat dilihat dari penerapan transparansi hasil tes yang dapat dilihat setelah peserta seleksi selesai tes baik psikologi dan akademik yang dilaksanakan menggunakan 8 labor komputer yang terdapat di SMK N 2 Padang.


Foto:  Suasana Ujian (Doc. Biro SDM Polda)

Seleksi untuk Bintara dilaksanakan dalam dua bentuk rekrutmen yaitu  Bintara Umum (Bintara Reguler) dan Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) yang direkrut karena kriteria memiliki keahlian khusus seperti Kebinanan, Keperawatan, Listrik, Elektro, dan Pelayaran. Peserta direkrut dari tamatan SMK dengan jurusan yang tersedia pada saat rekrutmen calon anggota kepolisian untuk Polda Sumbar. Untuk tim penilai potensi bidang Polda Sumbar mempercayakan kepada beberapa guru SMK sebagai tim penilai. Pelaksanaan seleksi sampai dengan Rabu 2/6/2021 menyisihkan peserta yang masih bertahan diantaranya adalah 17 Orang Akpol, 1031 orang Bintara Umum, 29 orang Bakomsus, dan 90 orang Tamtama. Seleksi yang dilaksanakan mengunakan sistem gugur jika peserta tidak memenuhi syarat untuk melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya.


Foto: Wawancara (Doc. Sekolah)

Disela wawancara yang diadakan di ruangan kepala SMKN 2 Padang pihak sekolah menanyakan tentang pelayanan dan kerja sama antara Polda Sumbar dan SMKN 2 Padang. Dengan jelas Ka. Biro SDM Polda Sumbar memaparkan bahwa telah mendapatkan patner yang sangat baik dan fasilitas yang diberikan oleh pihak SMKN 2 Padang sangat membantu sehingga proses pelaksanaan seleksi yang menggunakan fasilitas SMKN 2 Padang sampai dengan saat ini  berjalan dengan baik, adapun kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan seleksi psikologi dan akademik bisa teratasi dengan baik, harapan yang disampaikan untuk kerjasama tersebut adalah semoga ke depan kerja sama tersebut dapat dipertahankan papar Ka. Biro SDM Polda Sumbar saat diwawancarai di SMKN 2 Padang.


Padang, 3/6/2021, Redaksi PW


Tinggalkan Komentar